Tidak Hanya Enak, Berikut 5 Manfaat Konsumsi Ikan Salmon

Tak Berkategori54 Dilihat

GEMEDIANEWS – Ikan salmon adalah ikan paling bergizi untuk dikonsumsi. Ikan yang berwarna kemerahan dan bertekstur lembut ini memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral yang satu ini sangat bagi untuk kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/6/2023), berikut manfaat ikan salmon untuk kesehatan bila dikonsumsi secara teratur.

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan kandungan omega-3 yang tinggi dalam ikan salmon. Bahkan, mengonsumsi ikan salmon juga dapat meningkatkan daya ingat kamu.

Omega-3 bersama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium dapat mencegah kerusakan sistem saraf, bekerja sebagai antidepresan, dan menenangkan otak. Konsumsi salmon pada anak-anak dapat mencegah ADHD.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Kandung Omega-3 juga membantu mengurangi kadar kolesterol darah, menjaga fleksibilitas pembuluh darah, dan menguatkan otot jantung serta memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah.

Salmon juga membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kekakuan dan penyumbatan dinding arteri sehingga dapat mencegah serangan jantung.

Manfaat ikan salmon dapat mencegah tekanan darah tinggi, serangan jantung, aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah arteri), dan lain sebagainya.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat ikan salmon untuk kesehatan berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsitonin yang berfungsi untuk membantu meningkatkan densitas dan kekuatan tulang.

Hal tersebut dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi seperti osteoartritis. Selain kalsitonin, kesehatan tulang kamu juga akan terjaga karena salmon mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

4. Baik untuk Kesehatan Mata
Selain untuk kesehatan otak dan jantung, omega-3 yang terdapat di dalam salmon juga baik untuk kesehatan mata. Manfaat ikan salmon dapat mencegah mata lelah, mata kering, dan degenerasi makula terkait mata.

Degenerasi makula terkait mata adalah suatu kondisi yang terjadi pada individu yang lebih tua. Keluhan yang menimpa, seperti hilangnya penglihatan di bagian tengah mata akibat kerusakan saraf mata.

5. Bantu Atasi Insomnia
Kualitas tidur yang buruk di malam hari tentu dapat menghambat aktivitas harian kamu keesokan harinya. Hal ini perlu diatasi, salah satunya dengan penerapan pola hidup sehat. Selain itu, kamu pun bisa memperoleh manfaat ikan salmon untuk mengatasi insomnia.

Kandungan ikan salmon, yaitu triptofan, merupakan sedatif alami sehingga baik untuk dikonsumsi individu yang memiliki insomnia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *