Tanam 20 Pohon Ganja, Pria Paruh Baya Diciduk Polisi

GEMEDIANEWS – Seorang pria paruh baya berinisial MTS diciduk anggota Satuan Reserse Narkoba Polresta Bandung karena kedapatan menanam 20 pohon ganja di pekarangan rumahnya di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Penangkapan MTS dilakukan berdasarkan informasi yang diterima pihak kepolisian. Kemudian dilakukan penyelidikan selama dua pekan hingga akhirnya pria berusia 60 tahun itu ditangkap pada 7 Februari 2024 lalu.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, didapatkan keterangan bahwa tersangka pertama kali mendapatkan bibit ganja dari temannya pada tahun 2021,” kata Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo saat gelar perkara di Mapolresta Bandung, Jalan Bhayangkara, Soreang, Senin (12/2).

Kusworo menuturkan, beberapa bibit ganja tersebut kemudian ditabur di pekarangan rumah tersangka. Dan ternyata dalam kurun waktu tiga sampai empat bulan tumbuh.

“Setelah tumbuh, bibit biji ganja lainnya ditabur lagi oleh tersangka di beberapa tempat. Dan tumbuhlah sampai sebanyak 20 pohon,” ujar Kusworo.

Kapolresta menjelaskan, selama kurang lebih dua tahun ini tersangka mengonsumsi sendiri hasil panen ganja tersebut. Namun demikian, polisi masih terus melakukan pendalaman, apakah MTS pernah menjual atau ada pihak yang membeli.

“Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 114 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun penjara,” jelasnya.

Sementara itu tersangka MTS mengaku menyesal telah menanam pohon ganja. Dia mengaku bahwa ganja-ganja yang sudah kering hanya untuk dikonsumsi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *