Siaga Bencana, BPBD Kab Bandung Tangani Dampak Hujan Deras dan Angin Kencang

GEMEDIANEWS – Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung, Rabu (28/2/2024) siang pukul 14.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun puluhan rumah mengalami rusak berat dan rusak sedang. Sejumlah pohon tumbang hingga menimpa rumah warga dan fasilitas lainnya.

Jajaran Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung langsung gerak cepat dan turun langsung ke lokasi kejadian di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengatakan akibat hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di permukiman warga di Desa Cangkuang Wetan.

“Di Desa Cangkuang Wetan sebanyak 67 rumah yang dihuni sekitar 79 kepala keluarga (KK) dan 201 jiwa terdampak dan menyebabkan rumah mereka mengalami rusak berat dan rusak sedang setelah diterjang hujan deras disertai angin kencang tersebut,” kata Uka Suska, Kamis (29/2/2024) pagi.

Menurutnya, atap rumah mereka seperti genteng, asbes berterbangan terhempas angin kencang.

“Pasca-kejadian bencana alam itu, warga memperbaiki rumah yang terkena dampak dengan peralatan seadanya. Pohon yang tumbang di sekitaran carik desa mulai dibersihkan sedikit demi sedikit oleh relawan desa dengan alat seadanya,” katanya.

BPBD juga turut melakukan penanganan pohon tumbang menimpa kendaraan truk di depan PT. Bajatek Jalan Cisirung Palasari Desa Cangkuang Wetan.

“Dalam kejadian itu, mengakibatkan lalulintas kendaraan terganggu untuk beberapa saat dari kedua arah. BPBD bersama Damkar dan aparat setempat serta dibantu warga menangani pohon tumbang tersebut,” katanya.

Uka Suska menyebutkan hujan deras disertai angin kencang melanda Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.

“Akibatnya, sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada bagian gentingnya. Selain itu ada juga pohon tumbang,” katanya.

Menurut Uka Suska, BPBD mendapatkan laporan kejadian benteng ambruk menimpa Egi Nazwa Hambali (17) di Kampung Bojong Koneng Desa Bojongmalaka Kecamatan Baleendah.

“Akibatnya, kaki berdarah dan tulang punggung bergeser. Korban langsung di bawa ke RS Al Ihsan untuk
mendapatkan perawatan,” katanya.

Ia mengatakan puluhan rumah warga di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah juga terdampak hujan deras disertai angin kencang tersebut.

BPBD juga turut melakukan penanganan longsor di Kampung Cibuntu Desa Tanjungwangi Kecamatan Cicalengka
Kabupaten Bandung.

“Hujan Deras yang mengakibatkan longsor sehingga akses jalan terputus menuju Kampung Cibuntu. Volume longsor panjang 16 meter, tinggi 6 meter,” katanya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *