Sambut Hari Jadi ke-383, Forkopimda Kabupaten Bandung Ziarah ke Makam Mantan Bupati Bandung

GEMEDIANEWS – Jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung melaksanakan ziarah kubur ke para mantan Bupati Bandung di lima lokasi yang tersebar di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (17/4/2024).

Ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung itu dalam rangka menyambut rangkaian Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung yang jatuh pada Sabtu 20 April 2024 mendatang.

Rombongan yang melaksanakan ziarah kubur itu di antaranya Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna, dan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan beserta istri Dine Mutiara. Selain itu jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung lainnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana, para Kepala Dinas/Kepala Badan, para Camat, para Kabag, MUI dan pihak lainnya.

Pelaksanaan ziarah kubur itu diawali dari makam mantan Bupati Bandung di Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Kemudian melanjutkan ke makam mantan Bupati Bandung di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung.

Selanjutnya ke makam mantan Bupati Bandung di Karang Anyar Kota Bandung, Dalem Kaum Kota Bandung dan terakhir di makam mantan Bupati Bandung di Caringin Kota Bandung.

Sambut Hari Jadi ke-383, Forkopimda Kabupaten Bandung Ziarah ke Makam Mantan Bupati Bandung
Sambut Hari Jadi ke-383, Forkopimda Kabupaten Bandung Ziarah ke Makam Mantan Bupati Bandung

Pelaksanaan ziarah ke makam para mantan Bupati Badung itu turut dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bandung H. Sugianto, dan dilanjutkan dengan tabur bunga yang dilakukan oleh Bupati Bandung dan Wakil Bupati Bandung dan diikuti oleh para peziarah lainnya.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan syukur alhamdulillah bisa melaksanakan ziarah dan doa bersama di lima lokasi pemakaman para mantan Bupati Bandung terdahulu.

“Alhamdulillah kita bisa menyelesaikan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung terdahulu. Namun menyisakan satu lokasi lagi makam mantan Bupati Bandung di Sumedang, tapi kita kumkan doakan dari sini,” kata Dadang usai melaksanakan ziarah ke lima titik lokasi makam mantan para Bupati Bandung saat terakhir dilaksanakan di Caringin Kota Bandung, Rabu siang.

Bupati Bandung merasa yakin bahwa para mantan Bupati Bandung yang baru saja diziarahi oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung itu sudah memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Bandung sebelumnya.

“Saya pun yakin para mantan Bupati Bandung itu mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga ditempatkan disisi Allah SWT. Aamiin yra,” ujar Dadang.

Bupati Bedas mengatakan melaksanakan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung itu dalam rangka Hari Jadi ke-383 kabupaten Bandung. “Kami berharap Kabupaten Bandung lebih maju dan bisa lebih berkembang,” harap Bupati Bandung.

Ia mengungkapkan dalam menyambut Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung itu ada rangkaian beberapa kegiatan, di antaranya pada Sabtu 20 April 2024 akan dilaksanakan Upacara dan Sedang Paripurna Istimewa.

“Ternyata tanggal 20 April itu merupakan bertepatan dengan hari lahirnya Kangjeung Nabi Muhammad SAW. Tentunya ini tanggal yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan nanti pada hari Sabtu 20 April 2024 mendatang akan dilaksanakan upacara dan Rapat Paripurna Istimewa. Pada hari Sabtu juga ada beberapa rangkaian kegiatan festival dan rangkaian kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan pada hari yang sama,” tuturnya.

Bupati Bandung juga turut mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Bandung, termasuk Ketua DPRD Kabupaten Bandung, para Kepala Dinas/Kepala Badan, para Kabag, para Camat, MUI dan sejumlah pihak lainnya yang secara bersama-sama bisa melaksanakan ziarah ke makam para mantan Bupati Bandung terdahulu.

“Semoga menjadi amal ibadah kita. Sekaligus mengucapkan taqobballohu minna waminkum shiyaamanaa washiyaamakum,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini berharap kepada masyarakat Kabupaten Bandung, mereka bisa mengetahui bahwa pada tanggal 20 April itu merupakan lahirnya Kabupaten Bandung. Sebelumnya, tidak semua masyarakat tahu bahwa setiap tanggal 20 April merupakan Hari Jadi Kabupaten Bandung.

Sambut Hari Jadi ke-383, Forkopimda Kabupaten Bandung Ziarah ke Makam Mantan Bupati Bandung
Sambut Hari Jadi ke-383, Forkopimda Kabupaten Bandung Ziarah ke Makam Mantan Bupati Bandung

“Untuk itu, di setiap desa dan kecamatan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Bandung. Dengan harapan bahwa masyarakat bisa tahu tanggal 20 April itu merupakan Hari Jadi Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Dadang berharap berbagai kegiatan itu bisa disebarluaskan, dan menjadi edukasi bagi masyarakat luas untuk mengingat sejarah bahwa 20 April merupakan Hari Jadi Kabupaten Bandung.

“Tidak mungkin terjadi dan terbentuk Kabupaten Bandung kalau tidak ada sejarah. Mudah-mudahan sejarah ini merupakan jadi stori dan wajib kita ketahui untuk mengenang lebih jauh lagi. Selain itu bisa lebih menghargai para pahlawan dan mantan Bupati Bandung yang sudah meninggal dunia di masa lalu,” katanya.

Bertepatan dengan Hari Jadi ke-383 Kabupaten Bandung itu, Bupati Bandung akan memberikan kado kepada masyarakat Kabupaten Bandung melalui berbagai even. “Nanti akan diumumkan pada hari Sabtu 20 April 2024,” pungkasnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *