Safari Ramadan di Kertasari, Bupati dan Bunda Bedas Santuni Puluhan Anak Yatim

GEMEDIANEWS – Sesaat sebelum melaksanakan buka puasa di bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, Bupati Bandung HM. Dadang Supriatna bersama Bunda Bedas Hj. Emma Dety Dadang Supriatna memberikan santunan kepada puluhan anak yatim di halaman Masjid Jami Nurul Huda (Masjid Besar Kertasari) Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Selasa (26/3/2024) sore.

Tak lama berselang, adzan magrib pun berkumandang. Bupati Bandung bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bandung bersama tokoh masyarakat, unsur pemuda dan pihak lainnya melaksanakan buka puasa.

Hadirnya Bupati Dadang Supriatna itu dalam rangka rangkaian Safari Ramadan dan Tarawih Keliling (Tarling) di Masjid Besar Kertasari. Tarling di daerah pemilihan (dapil) VII yang meliputi Kecamatan Kertasari, Pacet, Ciparay dan Baleendah tersebut merupakan yang terakhir dilaksanakan rombongan OPD Kabupaten Bandung pada bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Sebelumnya, Bupati Bedas beserta rombongan OPD melaksanakan Safari Ramadan dan Tarling di Ddapil I-VI, dan dapil VII merupakan yang terakhir di bulan suci Ramadan 1445 Hijriah. Hal itu dalam upaya memperat silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

“Nanti hari Kamis (28/3/2024) mengadakan malam Nuzulul Quran. Selain Senin (1/4/2024), malam itikaf bertepatan dengan hari ke-21 Ramadan 1445 Hijriah,” kata Dadang dalam sambutannya saat tarling di Masjid Besar Kertasari, Selasa malam.

“Mudah-mudahan ibadah puasa Ramadan diterima dan dibalas oleh Allah SWT,” harapnya.

Safari Ramadan di Kertasari, Bupati dan Bunda Bedas Santuni Puluhan Anak Yatim
Safari Ramadan di Kertasari, Bupati dan Bunda Bedas Santuni Puluhan Anak Yatim

Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua rombongan, terutama Ketua MUI Kabupaten Bandung, Kemenag RI Kabupaten Bandung, Ketua Baznas Kabupaten Bandung, yang mendampingi Safari Ramadan dan Tarling.

Dadang mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya dapil 6 yang sudah berpartisipasi aktif dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 lalu berlangsung aman dan kondusif.

Ia pun sangat mengapresiasi karena ada keterwakilan masyarakat Kecamatan Kertasari yang kembali terpilih menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Sofwan.

“Saya mengucapkan selamat kepada Pak Haji Wawan kembali terpilih jadi Anggota DPRD Kabupaten Bandung. Adanya perwakilan di Kertasari, sebuah kebahagiaan bagi masyarakat dan bisa membantu program pemerintah,” tuturnya.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna turut merespon apa yang menjadi aspirasi masyarakat di Kecamatan Kertasari. Warga sekitar berharap ada pemindahan jalur jalan di sekitar Polsek Kertasari, karena ada bagian jalan yang di pinggirnya jurang sedalam 200 meter.

“Kemudian ada longsor, sehingga perlu ada kewaspadaan. Berharap ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung segera ada kajian,” katanya.

Kepada masyarakat, Kang DS pun mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Kita sama-sama kawal pelaksanaan Pilkada serentak supaya damai dan kondusif, supaya bisa menghasilkan keputusan dan harapan masyarakat Kabupaten Bandung. Saya siap melanjutkan untuk periode selanjutnya,” tutur Kang DS.

Kang DS pun mensosialisasikan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah pada bulan suci Ramadan sebelum Idulfitri.

“Kewajiban zakat fitrah itu, kalau pakai beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter per orang. Bisa juga beras diganti uang sebesar Rp 40.000/orang setelah ditetapkan oleh Kemenag RI,” ujarnya.

Safari Ramadan di Kertasari, Bupati dan Bunda Bedas Santuni Puluhan Anak Yatim
Safari Ramadan di Kertasari, Bupati dan Bunda Bedas Santuni Puluhan Anak Yatim

Kang DS mengungkapkan bahwa harga sembako sudah mulai normal lagi, setelah ada informasi dari kunjungan Menteri Perdagangan ke Kabupaten Bandung.

“Insya Allah, ketersediaan pangan Kabupaten Bandung tiga bulan kedepan stabil dan masih surplus,” katanya.

Di tempat sama, Tokoh Masyarakat Kertasari sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Sofwan mengatakan bahwa Bupati Bandung Dadang Supriatna belum 5 tahun menjabat.

“Tetapi sudah merealisasikan program, di antaranya insentif guru ngaji,” katanya.

“Mangga Bapak Bupati tampil deui periode selanjutnya. Insya Allah warga masyarakat siap mendukung dan mensukseskan lagi,” imbuhnya.

Wawan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung atas program-program pro rakyat yang sudah dirasakan manfaatnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *