Profil Kurt Cobain, Vokalis Nirvana yang Membius Jutaan Penggemar Musik Grunge

Tak Berkategori81 Dilihat

GEMEDIANEWS – Kurt Donald Cobain atau yang dikenal dengan nama panggung  Kurt Cobain bersama Nirvana masih membius jutaan penggemar fanatiknya di seluruh dunia lewat karya-karya besarnya.

Lahir pada 20 Februari 1967, Kurt  Cobain merupakan penyanyi dan musisi Amerika Serikat asal Aberdeen, Washington, AS yang mencapai puncak karier sebagai gitaris dan vokalis band grunge Nirvana.

Kurt Cobain dikenal sebagai sosok yang pendiam, temperamen sekaligus  emosional. Rasa frustrasi dan depresi yang dialaminya membuat founder Nirvana tersebut terjun ke dunia musik.

Suatu ketika, Kurt Cobain sempat mengajak vokalis Guns N Roses, Axl Rose berduel di atas panggung. Kurt Cobain sendiri menyatakan benci atas kehidupannya yang selalu membuat  frustrasi.

“I hate myself and I want to die,” ungkapnya suatu ketika. Namun musik juga yang menjadi media baginya menuangkan frustrasi dalam genre yeng kemudian dikenal dengan musik grunge.

“Kegilaan” Kurt Cobain justru membuatnya digilai penggemar. Kurt Cobain menjadi simbol musik grunge. Bahkan gitaris Queen, Brian May menyebut frontman Nirvana itu menghasilkan cord gitar terhebat sepanjang masa.

Sejak kecil Kurt Cobain sudah mendengarkan lagu-lagu The Ramones dan The Beatles. Meski tidak memiliki ketertarikan di bidang olahraga, Kurt Cobain dulunya ternyata pegulat dengan skill lumayan baik.

Ia pun tergila-gila dengan rock klasik era ’70-an seperti Queen, Led Zeppelin, Aerosmith, Black Sabbath, Kiss, dan AC/DC. Seiring waktu, pemahaman musiknya bertransformasi hingga sangat mengidolakan band Britania Raya, Sex Pistols.

 

Saat tur Nirvana di Jerman tahun 1994, Kurt Cobain didiagnosis mengidap bronkhitis dan laringitis. Esoknya ia diterbangkan ke Roma untuk terapi medis. Sang istri pun menyusulnya.

Beberapa waktu kemudian saat tengah dalam perawatan di rumah sakit untuk penyembuhan, Curt Cobain diketahui “kabur” dan memilih kembali ke Seattle.

Pencarian dilakukan di sekitar Seattle hingga akhirnya jenazah Kurt Cobain ditemukan di tempat tinggalnya oleh tukang listrik yang hendak memperbaiki sistem keamanan di apartemennya. Kurt Cobain ditemukan dengan luka tembak di dagu bersama heroin serta narkoba lainnya. Catatan kecil juga ditemukan di dekat jenazahnya.

Bertahun-tahun berlalu, kematian tak mencegah karya-karyanya untuk tetap mewarnai dunia musik.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *