Polsek Solokanjeruk Sampaikan Tips Mudik Aman Kepada Warga

GEMEDIANEWS – Bhabinkamtibmas Desa Panyadap Polsek Solokanjeruk melaksanakan giat pemberian himbauan kamtibmas kepada ojeg sebagai pelopor keselamatan berlalulintas dan juga tips mudik aman kepada warga.

Hal itu dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Panyadap, Senin (8/4/2024).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Solokanjeruk AKP Asep Dedi mengatakan bahwa kegiatan himbauan kamtibmas ini diberikan di pangkalan ojeg untuk berikan tips berkendara yang aman (safety riding) kepada pengendara ojeg sebagai duta pelopor keselamatan berlalu lintas.

Dikatakan Kapolsek Solokanjeruk, Bhabinkamtibmas Panyadap pun memberikan tips mudik yang aman kepada warga yang akan berangkat mudik ke kampung halamannya.

“Tips mudik ini di antaranya mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan, melepas regulator kompor gas, mengunci pintu dan mengecek cctv bila ada, serta melaporkan ke petugas RT/RW setempat sehingga dapat dibantu dikontrol secara berkala oleh petugas ronda/siskamling.,” tutur Asep Dedi.

Ia menyebutkan masyarakat Kecamatan Solokanjeruk sebagian besar merupakan masyarakat pendatang/musiman, sehingga dominan mereka menjelang Hari Raya Idul Fitri melaksanakan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Untuk itu, katanya, Bhabinkamtibmas Desa Panyadap menyampaikan kepada pengemudi ojek sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas mesti lengkap menggunakan helm, spion, tidak menggunakan knalpot yang tidak standar, serta dapat membantu petugas kepolisian memberikan informasi terkait Kamtibmas.

“Memberikan himbauan kamtibmas ini diharapkan warga Desa Panyadap yang ingin mudik dapat melakukan mudik secara aman dan selamat sampai tujuan,” katanya.

Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, Bhabinkamtibmas Desa Panyadap Aipda M. Sanusi, S.H., menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas untuk turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Terutama di lingkungan tempat tinggal masing-masing dengan berperan aktif melaksanakan ronda/satkamling terlebih banyak rumah yang ditinggal pergi oleh penghuninya selama musim mudik,” tuturnya.

Menurutnya, apabila ada yang melihat atau mengetahui adanya suatu hal yang dapat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas di lingkungan rumah, hendaknya warga untuk segara menghubungi atau menyampaikan informasi kepada Bhabinkamtibmas, Polisi RW atau langsung melapor ke Polsek Solokanjeruk.

Asep Dedi menyampaikan agar seluruh Bhabinkamtibmas selalu berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas khususnya di desa binannya masing-masing serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar masyarakat mendukung dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan adanya peran aktif Bhabinkamtibmas di desa binaannya masing-masing akan selalu terpantau segala bentuk kejadian sekecil apapun. Bhabinkamtibmas adalah garda terdepan di kepolisian serta semoga masyarakat yang hendak melakukan mudik dapat selamat sampai tujuan,” ujarnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *