Pj. Wali Kota Cimahi Dorong Cimahi Techno Park Sebagai Pusat Ekonomi Kreatif di Cimahi

GEMEDIANEWS – Pj. Wali Kota Cimahi Dicky Saromi melakukan diskusi dengan para pelaku industri kreatif di Gedung Cimahi Techno Park (CTP) Jalan Baros Kota Cimahi. Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan peran CTP sebagai pusat industri kreatif Kota Cimahi.

“Kunjungan ke CTP dan bertemu pelaku Industri kreatif merupakan salah satu agenda prioritas setelah dilantik sebagai Pj.Wali Kota Cimahi, sekaligus juga pesan dari Pj. Gubernur Jawa Barat agar bisa menjadikan Technopark sebagai ikon dari kota Cimahi sebagai pusat ekonomi kreatif,” ujarnya.

Cimahi Techno Park merupakan inisiasi Pemkot Cimahi untuk mewadahi anak muda kreatif Cimahi berkreasi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan pembinaan dan fasilitasi kegiatan usaha start up untuk mengembangkan bisnisnya. Pemerintah Kota Cimahi juga menggelar Makerspace Digital Kreatif, program pendampingan bagi para pelaku bisnis di bidang template desain seperti desain grafis, fotografi, videografi, aset 2D dan 3D. Program ini memberikan beberapa fasilitas bagi peserta selama satu tahun, seperti co-working space, Personal Computer, jaringan internet, kegiatan workshop dan pendampingan oleh mentor untuk memproduksi aset digital yang dapat dikomersilkan di marketplace global.

“Gedung Cimahi Techno Park ini merupakan tempat kumpulnya anak-anak kreatif yang diberikan tempat untuk tiap tenant, diberikan pelatihan, atau saling sharing dengan pelaku lain dalam kurun waktu maksimal dua tahun. Sehingga mereka bisa mandiri dan menyiapkan bisnis yang akan mereka jalankan,” ungkapnya.

Dicky menjelaskan bahwa CTP menjadi pusat kreativitas, dan bisa memajukan kota Cimahi. “Karya-karya para pemuda kreatif ini harus menjadi kontribusi nyata untuk kemajuan Cimahi, sehingga Cimahi dapat tumbuh dan berkembang menjadi kota pusat kreativitas,” jelasnya.

Untuk target jangka pendek, pihaknya menginginkan para pemuda berkontribusi untuk Kota Cimahi. “Yang kami inginkan mereka membuat Brand Image atau Brand City Image untuk Cimahi. Setelah melihat karya yang ditampilkan para pelaku industri kreatif, saya sangat tertarik dengan inovasi yang semakin canggih dan smooth. Ingin semua materi aktifitas Pemkot Cimahi seperti sosialisasi, edukasi dan lainnya menggunakan konten kekinian,” ucapnya.

Menurut Dicky, hasil karya para pemuda tersebut sudah masuk pasar nasional seperti terlihat di stasion TV. Produk mereka juga sudah dipasarkan di market place secara internasional.

“Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak di Cimahi ini luar biasa hebat dan tidak kalah dengan di tempat lain. Nantinya saya ingin karya-karya ini digebyarkan untuk ditunjukkan ke publik, termasuk ke luar daerah. Dan jika ingin belajar animasi bisa ke Cimahi saja,” imbuhnya.

Pihaknya mengklaim dukungan dari Pemkot Cimahi akan terus dilakukan. “Satu hal yang sangat dibutuhkan di jaman digitalisasi bahwa kita butuh anak-anak kreatif dengan segala animasinya, dan ini benar-benar sangat kompetitif dan bisa bersaing, mereka sangat kreatif dan mampu membuat animasi dengan kualitas internasional,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *