Pemkab Bandung Gelar Halal Bi Halal di Dome Bale Rame Soreang

GEMEDIANEWS – Bupati Bandung Dadang Supriatna beserta Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna, bersama para ASN (Apartur Sipil Negara) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung melaksanakan halal bI halal di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (16/4/2024).

Pelaksanaan halal bI halal itu usai dilaksanakannya apel perdana masuk kerja para ASN setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah/tahun 2024 di Lapangan Upakarti Pemkab Bandung, Soreang.

Halal bI halal itu turut dihadiri Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan beserta istri. Selain itu para kepala dinas dan kepala badan, para camat, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bandung, kepala desa, ormas Islam, OKP dan pihak lainnya.

Pelaksanaan halal bI halal itu berharap di hari kemenangan ini, mari kita bersatu dalam kebahagiaan, memaafkan kesalahan dan mempererat tali persaudaraan di antara sesama manusia.

Bupati Dadang Supriatna mengatakan bahwa pada hari Selasa 16 April 2024 ini awal masuk kerja para ASN di lingkungan Pemkab Bandung setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Ada himbauan dari Presiden boleh dua hari kedepan dilaksanakan WFH (Work From Home) bagi para ASN, yaitu dari mulai tanggal 16-17 April 2024,” kata Bupati Bedas.

Dadang pun mengucapkan syukur alhamdulillah bahwa pada pelaksanaan halal bI halal ini para ASN Pemkab Bandung bisa hadir untuk melaksanakan silaturahmi.

“Pelaksanaan halal bI halal ini, setelah kita melaksanakan ibadah puasa selama bulan suci Ramadan. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Semoga Allah memberikan usia yang panjang, keberkahan, kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Aamiin yra,” tutur Dadang.

Pada kesempatan itu, Dadang mengucapkan taqobballohu minna waminkum shiyaamanaa washiyaamakum.

“Atas nama pribadi, keluarga dan Pemkab Bandung mengucapkan idul Fitri dan mohon maaf lahir bathin,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini.

Ia mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan halal bI halal ini, bertemunya kedua tangan, kemudian diucapkan dalam hati dan utamanya di lisan. Kemudian yang paling penting adalah halal bI halal ini diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari-hari.

Bupati kembali mengucapkan permohonan maaf atas kesalahan yang telah dilakukan. Ia berharap dengan dilaksanakannya perayaaan Idul Fitri dan halal bI halal ini, bersih dari dosa.

Lebih lanjut Dadang mengatakan bahwa dalam pelaksanaan halal bI halal ini di antara kita bisa saling membubarkan atau membebaskan dosa.

“Ada empat hal yang dapat menyempurnakan halal bI halal. Pertama, bersentuhannya kedua tangan kita dan diucapkan dengan lisan dan dibarengi di dalam hati dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sempurnanya silaturahmi dan halal bI halal. Tanpa itu tentunya mubajir,” katanya.

Ia berharap dalam pelaksanaan halal bI halal ini tidak hanya melalui lisan saja, tetapi hati dan prilaku yang baik juga harus diperlihatkan.

“Semoga hikmah kita melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan bisa dilaksanakan dan dibawa di bulan Syawal ini guna menuju ketakwaan kepada Allah SWT,” harapnya.

Menurutnya, kehadiran para ASN dalam pelaksanaan halal bI halal itu sangat penting karena untuk saling memaafkan antara pimpinan dengan para kepala dinas maupun dengan para ASN yang setiap hari bersentuhan terus dalam sebuah kegiatan atau hubungan kerja.

“Sehingga berharap melalui halal bI halal ini di antara ASN bisa saling memahami, mengenal dan bisa saling membebaskan dan membubarkan dosa per.dosaan kita yang tidak terasa sebelumnya,” katanya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *