Kabaharkam Launching Program Polisi RW di Jawa Barat

Tak Berkategori23 Dilihat

GEMEDIANEWS – Program Polisi RW dijalankan dan diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia, setelah sebelumnya dilakukan di wilayah Ibukota Jakarta. Kali ini Polri melaunching program Polisi RW di wilayah Jawa Barat.

Program Polisi RW merupakan bagian dari arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang menindaklanjuti perintah Presiden RI agar polisi lebih dekat dengan masyarakat, sehingga sosok Polisi sebagai pelindung, pengayom dan juga pelayan masyarakat bisa terwujud.

Polisi RW juga merupakan bentuk inovasi Kepolisian untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang dituntut untuk menciptakan suasana kondusif di tengah kehidupan masyarakat (cooling system).

“Bagaimana caranya? Tentu Polisi harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang berbasis komunitas yang paling mikro adalah RW, dimana tugas Polisi RW adalah untuk membuat aman, damai dan sejuk di wilayah RW tersebut dengan cara security assesment, dengan cara berkolaborasi bersama, dengan respon cepat untuk memberikan problem solving dengan permasalahan yang muncul di RW tersebut,” ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023).

Lebih lanjut, Fadil juga menginstruksikan kepada Polisi RW di wilayah Jawa Barat untuk menjalin komunikasi dan kerja sama dengan seluruh organisasi masyarakat dalam memecahkan dan mencari solusi permasalahan.

“Selalu jalin kerjasama yang baik dan libatkan seluruh organisasi di masyarakat seperti karang taruna serta pemecahan masalah dengan baik dan bersama-sama, sehingga kita dapat mencegah munculnya gangguan kamtibmas serta aktifkan kembali siskamlingnya supaya berjalan dengan baik kerjasamanya,” kata Fadil.

Turut hadir dalam kegiatan launching Polisi RW di wilayah Jawa Barat, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Agus Saepul, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, yang juga didampingi para pejabat utama Polri dan Polda Jawa Barat serta Forkopimda Jawa Barat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *