Hadirnya Mobil Perpustakaan Keliling Pemantik Masyarakat Gemar Membaca

GEMEDIANEWS – Sejumlah anak-anak di pelosok desa menyempatkan diri melihat-lihat buku bacaan yang tersimpan di etalase Mobil Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung pada kegiatan rutin Rembug Bedas di tiga desa di Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Jumat (7/6/2024).

Hadirnya mobil perpustakaan keliling diharapkan menjadi pemantik bagi masyarakat untuk gemar membaca. Selain itu untuk menarik perhatian masyarakat dalam membaca buku.

Pemantik disini adalah untuk merangsang minat baca, untuk memicu pikiran, merangsang pertimbangan, dan mengaktifkan pemikiran kritis.

Pelaksanaan Rembug Bedas itu di Desa Mandalahaji, Desa Nagrak dan Desa Cikawao Kecamatan Pacet.

Anak-anak yang diperkirakan masih sekolah di SD dan SMP itu terlihat mengambil buku lalu membacanya. Hadirnya Mobil Perpustakaan Keliling itu, bagi anak-anak sekolah menjadi daya tarik karena kesempatan itu jarang terjadi.

Terlihat saat Mobil Perpustakaan Keliling itu singgah di Desa Mandalahaji, Desa Nagrak maupun Desa Cikawao. Anak-anak secara bergantian berdatangan ke Mobil Perpustakaan Keliling itu hanya sekedar untuk membaca buku.

Pelaksanaan Rembug Bedas tersebut menjadi perhatian Bunda Literasi yang hadir pada giat tersebut di Desa Cikawao. Dia menyebutkan dengan adanya fasilitas atau prasarana sarana dapat mendorong anak-anak sekolah atau warga secara umum gemar membaca.

“Warga bisa terbiasa membaca buku,” kata Bunda Literasi kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Penggiat literasi itu minta bantuan kepada Bupati Bandung untuk melakukan pembinaan dan pelatihan literasi kepada bunda literasi yang mengelola pojok baca di Posyandu.

“Dengan harapan bisa meningkatkan minat baca masyarakat,” ujarnya.

Selain berharap ada pembinaan dan pelatihan, bunda literasi di Desa Cikawao itu berharap ada bantuan komputer untuk pengelolaan data buku di Pos KB.

Apa yang menjadi aspirasi pegiat literasi itu langsung direspon oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna. “Komputer memang penting untuk mengelola data,” katanya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *